PANDANGAN UMUM TENTANG PEMIKIRAN PENDIDIKAN


PANDANGAN UMUM TENTANG PEMIKIRAN PENDIDIKAN





Madzhab pemikiran pendidikan
Tujuan pendidikan
Kurikulum dan metode
Peranan guru
Peranan sekolah
1
2
3
4
5
Perenialsm
Membantu siswa menemukan kembali dan menginternalisasi kebenaran (universal dan konstan)masa lalu.penyerapan dan penguasaan fakta2&informasi.
Kurikulum:subject centered disiplin ilmu meliputi : 1)kesusasteraan,mete matika, bahasa,ilmu2 sosial&sejarah.
2).metode: kajian terhdp buku2 besar yg membahas peradaban berat melalui membaca & diskusi.
Ahli dlm bidangnya punya kemampuan bidang keguruan tdk suka mencela / menyalahkan pemilik kewenangan sebagai pendisiplin mental & pemimpin moral serta spiritual  
Wahana pelatihan elit intelektual dan kebenaraan kepada generasi penerus (siswa) wahana penyiapan siswa untuk hidup
Essentialism
Menyampaikan warisan budaya dan sejarah seputar inti pengetahuan yang terakumulasi begitu lama  &bermanfaat untk diketahui semua siswa.
*kurikulum:subject centered 
Tk.dasar ditekankan pd ketrampilan membaca ,menulis&matematika, sains,ilmu sosial,bhs & kesusastran. 
metode:
1).menekankan pd pengembangan mind siswa dan kesadaran akan dunia fisik sekitar nya
2).menekankan pengua saan fakta dan konsep dasar ttg bidang2 esensial            
1).Master of particular subject
2). Model yg patut ditiru
3).Pemillik kewenangan di bidang keahlianya /  faknya
4).Teladan nilai-nilai idaman



 1).Wahana penyimpanan&alih warisan budaya & sejarah kpd generasi penerus
2)Wahana mempelajari penget, ketrampilan, sikap & nilai utk mjd warga yg berguna di masy.   
3). Miniatur masy luas
4) laboratorium bljr kehidupan .
5)Model kerja yg demokratis
Progresivisme
1)Siswa memiliki ketrampilan alat dan pendalaman sosial(interaksi dengan lingkungan)
2)siswa memiliki kemampuan problem solving(personal maupun sosial).
*kurikulum:
1). Di bangun dr penga laman personal&sosial siswa.2).Ilmu sosial sbgai inti utk problem solving.3).Ketrampilan komunikasi, proses matematik,scientific in quiry scr inter disipli ner sbgai alat problem solving.4).Buku sbgai alat proses beljr bkn sumber penget pokok
*metode:
1)scientif inquiry
2)problem solving 

1)pembimbing dalam proyek dan aktifitas problem solving
2)challenger & inquiry leader
3)harus sabar, fleksibel, inter disipliner, cerdas & kreaatif.
1)miniatur masyarakat luas
2)laboratorium belajar kehidupan
3)model kerja yg demokratis
Rekonstruksionisme
1).Siswa memiliki kesadaran akan problem sosial,politik,ekonomi umat manusia
2).siswa memiliki ketrampilan untuk memecahkan problem tersebut
3). membangun tatanan masyarakat baru
*kurikulum:
1). bidang –bidang kajian meliputi persoalan sosial,politik & ekonomi umat manusia
2).problem sosial & personal dari siswa sendiri
*metode:
1)scientific inquiry sebagai metode kerja problem problem solving
1).membuat siswa sadar akan persoalan 2).persoalan yang dihadapi umat manusia
3).project director & research teacher
1)perantara utama bagi perubahan sospol, ekonomi dalam masyarakat
2).mengembangkan insinyur social
Existentialism









1)siswa mengembangkan potensinya masing-masing untuk mencari jati dirinya
*kurikulum:
1).Scr umum tdk ada penetapan kurr, krn setiap individu memili ki kebut& minat ttt utk dipenuhi( 2).menekan kan proses pemikiran reflektif.(3)ilmu-ilmu sastra&seni sebagai mapel penting utk introspeksi dan refleksi
Metode(4).mendorong siswa mengikuti proyek yg membantu mrk utk mengembangkan ketrampilan& penget ahuan yg di perlukan.


1). Pembimbing & stimulator berfikir reflektif melalui penggalian pertanyaan-pertanyaan (inquiry) 
2). bukan pemberi instruksi 
3). memiliki kejujuran ilmiah,integritas dan kreativitas
4).figur yang tidak mencampuri perkembangan minat dan bakat siswa.
sebagai forum dialog antar para siswa.


                                                                                      

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inovasi Pendidikan