PANDANGAN UMUM TENTANG PEMIKIRAN PENDIDIKAN
PANDANGAN UMUM TENTANG PEMIKIRAN PENDIDIKAN
Madzhab pemikiran
pendidikan
|
Tujuan pendidikan
|
Kurikulum dan metode
|
Peranan guru
|
Peranan sekolah
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Perenialsm
|
Membantu siswa menemukan kembali dan menginternalisasi
kebenaran (universal dan konstan)masa lalu.penyerapan dan penguasaan
fakta2&informasi.
|
Kurikulum:subject centered disiplin ilmu meliputi : 1)kesusasteraan,mete
matika, bahasa,ilmu2 sosial&sejarah.
2).metode: kajian terhdp buku2 besar yg membahas peradaban
berat melalui membaca & diskusi.
|
Ahli dlm bidangnya punya kemampuan bidang keguruan tdk suka
mencela / menyalahkan pemilik kewenangan sebagai pendisiplin mental & pemimpin
moral serta spiritual
|
Wahana pelatihan elit intelektual dan kebenaraan kepada
generasi penerus (siswa) wahana penyiapan siswa untuk hidup
|
Essentialism
|
Menyampaikan warisan budaya dan sejarah seputar inti
pengetahuan yang terakumulasi begitu lama
&bermanfaat untk diketahui semua siswa.
|
*kurikulum:subject centered
Tk.dasar ditekankan pd ketrampilan membaca ,menulis&matematika,
sains,ilmu sosial,bhs & kesusastran.
metode:
1).menekankan pd pengembangan mind siswa dan kesadaran
akan dunia fisik sekitar nya
2).menekankan pengua saan
fakta dan konsep dasar ttg bidang2 esensial
|
1).Master of particular subject
2). Model yg patut ditiru
3).Pemillik kewenangan di bidang keahlianya / faknya
4).Teladan nilai-nilai idaman
|
1).Wahana
penyimpanan&alih warisan budaya & sejarah kpd generasi penerus
2)Wahana mempelajari penget, ketrampilan, sikap &
nilai utk mjd warga yg berguna di masy.
3). Miniatur masy luas
4) laboratorium bljr kehidupan .
5)Model kerja yg demokratis
|
Progresivisme
|
1)Siswa memiliki ketrampilan alat dan pendalaman
sosial(interaksi dengan lingkungan)
2)siswa memiliki kemampuan problem solving(personal maupun
sosial).
|
*kurikulum:
1). Di bangun dr
penga laman personal&sosial siswa.2).Ilmu sosial sbgai inti utk
problem solving.3).Ketrampilan komunikasi, proses matematik,scientific in
quiry scr inter disipli ner sbgai alat problem solving.4).Buku sbgai alat
proses beljr bkn sumber penget pokok
*metode:
1)scientif inquiry
2)problem solving
|
1)pembimbing dalam proyek dan aktifitas problem solving
2)challenger & inquiry leader
3)harus sabar, fleksibel, inter disipliner, cerdas &
kreaatif.
|
1)miniatur masyarakat luas
2)laboratorium belajar kehidupan
3)model kerja yg demokratis
|
Rekonstruksionisme
|
1).Siswa memiliki kesadaran akan problem
sosial,politik,ekonomi umat manusia
2).siswa memiliki ketrampilan untuk memecahkan problem
tersebut
3). membangun tatanan masyarakat baru
|
*kurikulum:
1). bidang –bidang kajian meliputi persoalan
sosial,politik & ekonomi umat manusia
2).problem sosial & personal dari siswa sendiri
*metode:
1)scientific inquiry sebagai metode kerja problem problem
solving
|
1).membuat siswa sadar akan persoalan 2).persoalan yang
dihadapi umat manusia
3).project director & research teacher
|
1)perantara utama bagi perubahan sospol, ekonomi dalam
masyarakat
2).mengembangkan insinyur social
|
Existentialism
|
1)siswa mengembangkan potensinya masing-masing untuk
mencari jati dirinya
|
*kurikulum:
1).Scr umum tdk ada penetapan kurr, krn setiap individu
memili ki kebut& minat ttt utk dipenuhi( 2).menekan kan proses pemikiran
reflektif.(3)ilmu-ilmu sastra&seni sebagai mapel penting utk introspeksi
dan refleksi
Metode(4).mendorong siswa mengikuti proyek yg membantu mrk
utk mengembangkan ketrampilan& penget ahuan yg di perlukan.
|
1). Pembimbing & stimulator berfikir reflektif melalui
penggalian pertanyaan-pertanyaan (inquiry)
2). bukan pemberi instruksi
3). memiliki kejujuran ilmiah,integritas dan kreativitas
4).figur yang tidak mencampuri perkembangan minat dan
bakat siswa.
|
sebagai forum dialog antar para siswa.
|
Komentar
Posting Komentar